Senin, 07 Januari 2008

Pasca Panen Ke Produksi Budidaya Pertanian

Konsep terpadu inilah yang memotivasi pengusaha asal Singaraja itu untuk membangun Bukit Hexon. Menurut pengusaha yang diakrabi Pak Oles, pola pikir industri pertanian bukan berarti harus membangun dalam skala besar, memakai teknologi tinggi dan mahal, alat canggih dan perizinan ketat. Industri pertanian berarti produksi yang kontinyu, harga produk stabil, kualitas terstandar, pemasaran terjamin dan keuntungan jelas. Konsep pembangunan pertanian harus dibalik dari hilir ke hulu, dari industri pasca panen ke produksi budidaya pertanian.

Konsep tersebut akan merubah pola pikir petani dari pemasaran ke produksi. Pasar yang jelas akan memperkuat produksi budidaya. Sebaliknya produksi budidaya tidak menjamin pasar yang baik, dan sebaliknya justru bisa merusak pasar. Membangun industri di desa adalah usaha mendidik dan mengajarkan kepada para petani untuk memberikan nilai tambah dari produk yang dihasilkan. Salah satu nilai tambah, yakni dengan memperluas cakrawala berpikir petani ke arah industri, baik perorangan (industri rumah tangga), kelompok (koperasi) maupun perusahaan. Secara ilmiah, aktivitas untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian itulah yang lebih dikenal sebagai pengolahan pasca panen, dan dalam bahasa menejemen, menjalankan industri pertanian.

Bercermin pada potensi lahan seluas 8 hektar tersebut, siap dibangun obyek pariwisata berupa areal agrowisata yang terkonsep. Di dalamnya ada areal Garden Track bagi para pecandu dunia otomotif sepanjang 2,5 km. Areal ini membuat nyali para mania otomotif benar-benar diuji. Selain itu, dibangun gedung wantilan sebagai tempat pertemuan, pementasan kesenian dan hiburan, beberapa Villa VIP, Guestroom, tempat meditasi bernuansa alami, tempat berdoa. Untuk mengembangkan industri pertanian, telah dibudidayakan berbagai tanaman dengan penerapan Teknologi Efective Microorganism (EM). Antara lain tanaman perdagangan, obat-obatan, sayur mayur dan buah-buahan seperti strawbery, markisa, asparagus, wortel dan kentang. Semua jenis tanaman tersebut dibangun dalam skala industri.

Tidak ada komentar:

Statistik Pengunjung