Senin, 07 Januari 2008

Taman Otomotif Di Bali Utara

Di Bali sendiri sudah ada kesadaran untuk menjadikan event otomotif sebagai salah satu magnet bagi wisatawan nusantara dan asing. Ada Bukit Pecatu, Unggasan dan kawasan Dream Land, Jimbaran, Nusa Dua yang ditata jadi arena event otomotif. Sayang, proyek besar pembangunan sirkuit bertaraf internasional yang pernah diharapkan praktisi pariwisata Bali gagal terwujud karena investornya miskin ''visi dan misi''.

Siapa sangka di tempat terpencil seperti Desa Lemukih, Sawan, Buleleng, 70 km arah selatan Kota Denpasar, ada sirkuit grasstrack, medan night offroad dan sarana otomotif adventure di sebuah bukit. Secarik realitas yang coba diretas Pak Oles dengan membangun Bukit Hexon seluas 8 hektar menjadi taman otomotif yang berpeluang ditumbuh-kembangkan jadi areal wisata otomotif terpopuler di Bali Utara.

Uniknya, wisata otomotif bukanlah sebuah kemajuan penuh glamoritas semu dan hampa bagi warga sekitar. Di benak Pak Oles, sebagai putra Bali, pembangunan dan hasil-hasil kemajuan pariwisata harus melibatkan dan turut dinikmati warga Bali. Pariwisata Bali adalah pariwisata budaya. Insan praktisi pariwisata Bali setidaknya harus peka dengan pembangunan pariwisata berbasis agri-kultur, ciri utama masyarakat Bali yang menghidupi budaya subak. Kedatangan investor dari luar dan kunjungan selebritis masyhur sekalipun harus memberi kontribusi riil bagi kesejahteraan desa pekraman, misalnya. Jangan timbul kesan, mereka datang menggerogoti lalu pulang bergelimang dollar. Padahal kedatangan mereka disambut hangat tarian Bali dan gemerincing beleganjur. Sapaan luhur nan santun dikoyak sabetan ekspansi liar rezim kapitalistik global.

1 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://www.infogue.com/otomotif/taman_otomotif_di_bali_utara/

Statistik Pengunjung